VISI, MISI DAN TUJUAN PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS (PBI)
VISI
Pada tahun 2039 menjadi Program studi Pendidikan Bahasa Inggris yang unggul berbasis pesantren dalam menghasilkan tenaga pendidik yang cendekia, mandiri, dan kreatif.
MISI
- Menyelenggarakan pendidikan yang mampu menghasilkan pendidik yang bertaqwa berdasarkan ahlissunnah wal jamaah dan berkarakter mandiri agar menjadi manusia yang mampu membantu perjuangan indonesia dalam pembangunan sumberdaya manusia Bangsa dan selalu siap untuk mengembangkan diri agar menjadi manusia yang berwawasan global.
- Melaksanakan dan mengembangkan kegiatan penelitian serta pengkajian ilmu pendidikan bahasa Inggris sesaui dengan perkembangan keilmuan terkini.
- Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pembelajaran bahasa Inggris agar bisa berkontribusi untuk meningkatkan mutu pendidikan.
- Menyelenggarakan kerjasama kelembagaan baik regional, nasional maupun internasional dalam rangka melaksanakan tridarma perguruan tinggi.
Pernyataan Visi program studi PBI INKAFA Gresik menggambarkan kondisi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada 5 (lima) ke depan yaitu unggul tingkat Nasional, unggul dalam kecerdasan, unggul dalam kreativitas, dan berdaya saing, semua itu bisa dijelaskan sebagai berikut:
- Unggul tingkat Nasional diartikan sebagai pada 5 (lima) tahun ke depan PBI INKAFA bisa menjadi yang terbaik ke 2 (dua) tingkat Kabupaten, dan 20 besar dari 45 prodi pendidikan bahasa Inggris yang ada di provinsi Jawa Timur serta masuk dalam 100 prodi PBI terbaik tingkat Nasional dari 328 prodi PBI, dan menjadi 50 besar prodi PBI terbaik tingkat Naional..
- Unggul dalam Kecerdasan diartikan bahwa pada 5 (lima) tahun kedepan seluruh civitas akademika mempunyai kecerdasan intelektual, diharapkan seluruh civitas akademika mempunyai kemampuan akademik sehingga dapat menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi secara profesional sesuai dengan tuntutan zaman. Kecerdasan Emosi, diharapkan seluruh civitas akademika memiliki kesadaran diri yang jujur serta mampu berfikir serta bertindak visioner dengan aktif melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Kecerdasan spiritual, diharapkan seluruh civitas akademika mempunyai integritas dalam melakukan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat agar mampu menyelesaikan berbagai permasalahan msyarakat, dan kecerdasan sosial, diharapkan seluruh civitas akademika mampu menjalin hubungan dengan kelompok masyarakat melalui kegiatan pengabdian.
- Unggul dalam kreatifitas diharapkan seluruh civitas akademika memiliki kemampuan dalam mengembangkan ide dan cara baru dalam perkembangan ilmu pengetahaan dan teknologi.
- Berdaya saing diartikan sebagai kemampuan dalam menjalankan tridharma perguruan tinggi agar mampu menghasilkan sumberdaya manusia yang mampu bersaing di dunia global.
Dalam rangka mencapai VMTS diatas, maka Prodi PBI INKAFA Gresik menetapkan tonggak capaian sebagai berikut:
Tonggak capaian prodi PBI INKAFA Gresik tahun 2015-2039
Tahap |
Tahun | Tonggak Capaian |
1 |
2015-2019 |
Menjadi prodi yang unggul dalam pembelajaran berpusat pada mahasiswa (learner centered learning) |
2 |
2020-2024 |
Menjadi prodi yang unggul dan berdaya saing tingkat provinsi |
3 |
2025-2029 |
Menjadi prodi yang unggul dan berdaya saing tingkat Nasional |
4 | 2030-2034 |
Menjadi 100 prodi PBI terbaik tingkat Nasional |
5 |
2035-2039 |
Menjadi 50 prodi PBI terbaik tingkat Nasional |
1. Tonggak pertama tahun 2015-2019, Prodi PBI yang unggul dalam pembelajaran berpusat pada mahasiswa (learner centered learning). Untuk mencapai tonggak pertama Prodi PBI, maka Prodi mengembangkan kebijakan dalam;
a. Meningkatkan sistem organisasi yang mengedepankan aspirasi, kepedulian, dan pengembangan sistem pembelajaran agar civitas akademika mempunyai kesadaran dalam belajar secara terus menerus.
b. Menjadikan prodi PBI sebagai rujukan belajar, sumber belajar, tempat belajar, dan inspirator pembelajaran bagi civitas akademika.
2. Tonggak kedua tahun 2020-2024, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris mampu berdaya saing tingkat provinsi. Pada tahap ini Prodi PBI INKAFA Gresik membangun konsolidasi internal dalam:
a. Menyediakan tempat diskusi bagi mahasiswa dengan fasilitas hot spot.
b. Melibatkan dosen tetap sebagai pembicara pada forum ilmiah
c. Menyelenggarakan forum ilmiah baik tingkat nasional maupun internasional yang melibatkan mahasiswa dan dosen, 3 (tiga) kali dalam setiap tahunnya.
d. Menyelenggarakan kejuaraan tingkat provinsi bagi mahasiswa.
e. Menyelenggarakan lomba karya tulis ilmiah mahasiswa tingkat provinsi.
f. Meningkatkan pembinaan soft skill mahasiswa melalui penasihat akademik.
g. Meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam setiap perlombaan.
h. Menyelenggarakan Pendidikan dan Latihan (Diklat) yang beorientasi pada kebutuhan pengembangan kompetensi sumber daya manusia (SDM) program studi.
i. Menyediakan subsidi perumahan bagi dosen dan tenaga kependidikan.
j. Menyediakan kegiatan yang dapat mempererat kekeluargaan bagi dosen dan tenaga kependidikan beserta keluarga.
k. Menyediakan SDM yang kompeten dalam pengelolaan dan pengembangan IT.
l. Penataan kembali sistem informasi akademik yang berorientasi pada kemutakhiran, kebutuhan akademik dan pengembangan data base akademik.
m. Meningkatkan kualitas layanan administrasi akademik berbasis IT.
n. Terwujudnya sistem informasi kemahasiswaan dan alumni.
o. Terbentuknya prosedur dan standar pelayanan administrasi akademik.
p. Terbentuknya perangkat standar mutu, standar operational procedure, standar kinerja, kode etik serta slogan.
q. Transformasi VMTS kepada seluruh civitas akademika dan tenaga kependidikan.
r. Penerapan metode pembelajaran dengan e-learning.
3. Tonggak ketiga tahun 2025-2029, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris mampu berdaya saing tingkat Nasional. Pada tahap ini PBI INKAFA Gresik meningkatkan program dalam:
a. Bekerjasama dengan lembaga tingkat Nasional dalam Meningkatkan kemampuan dosen dan mahasiswa.
b. Meningkatkan program pelatihan dan melaksakan real test TOEFL, IELTS dan TOEIC.
c. Meningkatkan pembelajaran yang berorientasi pada siswa (Learner Centered Lerning).
d. Meningkatkan kemampuan komputer, multimedia dan teknologi pembelajaran bagi dosen.
e. Meningkatkan kemitraan program dosen tamu, pertukaran dosen dan mahasiswa.
f. Meningkatkan kapasitas jaringan kerjasama dengan pemerintah daerah dan pusat yang berorientasi pada pengembangan IPTEKS.
g. Meningkatkan prestasi mahasiswa tingkat Nasional.
h. Meningkatkan dosen dengan kualifikasi S3 dengan beasiswa.
i. Terwujudnya peringkat A untuk akreditasi Prodi PBI.
j. Meningkatkan publikasi ilmiah dosen pada jurnal nasional yang bereputasi.
4. Tonggak keempat tahun 2030-2034, Menjadi 100 prodi PBI terbaik tingkat Nasional. Pada tahap ini prodi PBI INKAFA Gresik melakukan tahapan perbaikan dalam:
a. Peningkatan manajemen strategis dan inovatif.
b. Terwujudnya pedoman standar mutu ISO
c. Terselenggaranya jaringan kerjasama internasional dalam meningkatkan mutu dosen dan mahasiswa dalam pendidikan, pengapdian kepada masyarakat serta penelitian.
d. Meningkatkan publikasi ilmiah dosen pada jurnal internasional yang bereputasi.
5. Tonggak keempat tahun 2035-2039, Menjadi 50 prodi PBI terbaik tingkat Nasional. Pada tahap ini prodi PBI INKAFA Gresik melakukan tahapan perbaikan dalam:
a. 80 % Dosen tetap berlualifikasi Doktor (S3)
b. 90% doesn tetap aktif melakukan publikasi ilmiah tingkat Internasional bereputasi
c. Laboratorium tersertifikasi Komite Akreditasi Nasional (KAN)
d. Terselenggaranya jaringan kerjasama internasional dalam peningkatan mutu dan relevansi program pendidikan, penelitian, dan pelayanan masyarakat.
e. Pengembangan kapasitas jaringan kerjasama yang berorientasi pada pengembangan kualitas dan relevansi pendidikan.
TUJUAN
- Menghasilkan lulusan yang kompeten dan profesional di bidang PBI yang memiliki integritas moral yang tinggi.
- Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian untuk mengembangkan dan menerapkan IPTEKS bidang Pendidikan Bahasa Inggris, menunjang pengembangan materi pembelajaran PBI dan publikasi ilmiah.
- Mengembangkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang PBI dan penerapan hasil-hasil penelitian bidang PBI dan bidang terkait lainnya, dan dakwah islamiyah ahlussunnah wa al Jama’ah an Nahdliyyah.
- Menyediakan sistem tata kelola yang baik (Good Governance) di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dan menjamin terselenggaranya layanan prima.
- Meningkatkan prestasi dan potensi mahasiswa di bidang penalaran, olahraga, seni, budaya, dan kewirausahaan, dan pendidikan karakter dan kerohanian yang islami.
- Mengembangkan sistem penjaminan mutu internal Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.
- Mewujudkan lingkungan dan suasana akademik yang kondusif dan islami untuk mendukung penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi berlandaskan nilai-nilai keislaman ahlussunnah wal jama’ah an-nahdliyyah
PROFIL LULUSAN & DESKRIPSI PROFIL LULUSAN
Profil utama lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) adalah sebagai pendidik mata pelajaran Pendidikan Bahasa Inggris pada sekolah/madrasah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK/MAK), peneliti, dan pengembang bahan ajar PBI yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.
No | Profil | Deskripsi |
1 | Pendidik Bahasa Inggris | a) Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam menyelesaikan masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi (kemampuan kerja level 6)
b) Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural (pengetahuan level 6). c) Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkann analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok (kemampuan manajerial level 6) d) Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi (kemampuan manajerial level 6) |
2 | Edupreneur | a) Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam menyelesaikan masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi (kemampuan kerja pada level 6).
b) Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural (pengetahuan level 6). c) Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alrternatif solusi secara mandiri dan kelompok (kemampuan managerial level 6). d) Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi (kemampuan manajerial level 6). |
3 | Peneliti | a) Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam menyelesaikan masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi (kemampuan kerja pada level 6).
b) Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural (pengetahuan level 6). c) Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alrternatif solusi secara mandiri dan kelompok (kemampuan manajerial level 6). d) Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi (kemampuan manajerial level 6). |