Optimalkan Mahasiswa INKAFA

Optimalkan Mahasiswa INKAFA

Kyai MasbuhinAlhamdulillah INKAFA telah memasuki usianya yang ketiga, banyak perubahan di beberapa aspek, meskipun sedikit tertatih-tatih namun selalu berbenah untuk menuju pada kemajuan dan peningkatan demi melahirkan mahasiswa yang berakhlak al-karimah. Meski begitu, kita tetap harus melakukan muhasabah dan instropeksi untuk terus melakukan perbaikan di beberapa aspek.

 

Salah satu yang paling penting untuk tetap dipertahankan pada mahasiswa INKAFA adalah akhlak al-karimah yang merupakan ciri khas tersendiri dari mahasiswa INKAFA. Inilah yang membedakan INKAFA dengan yang lainnya, boleh saja kita memiliki pemikiran yang maju, namun tetap dalam bingkai akhlak al-karimah pada ulama' salaf, tidak bertentangan dengan syariah, mengedepankan semangat ukhwah dan tidak keluar dari sunnah nabi.

Terkhusus pada mahasiswa senior; harapan saya sebagai khadimul ma'had adalah agar para santri senior tidak jenuh-jenuhnya memberikan sumbangsih pemikiran, tenaga dan waktu kepada pesantren ini. Disamping mahasiswa mendapatkan pahala pengabdiannya untuk pesantren, juga sebagai wujud pengabdian ilmu yang kita dapatkan untuk adik-adik santrinya. Apalah arti ilmu yang begitu banyak dan tinggi tanpa adanya pengamalan.

Untuk itu, ke depan harapan kami agar mahasiswa yang telah memasuki usia kuliah senior dapat mengabdikan ilmu, tenaga dan pemikirannya untuk pesantren ini. Bukan hanya di pendidikan non formal tapi juga di lingkungan formal. Untuk itu persiapkan diri anda untuk menerima amanat dan perjuangan ini.

Hal ini sebagai bukti kepedulian pesantren ini atas masa depan alumnus INKAFA kelak. Kita perlu belajar untuk mengajar, karena dengan belajar mengajar itu kita akan belajar bagaimana cara mengamalkan ilmu yang kita miliki. Hanya mempelajari teori di bangku kuliah tanpa adanya jam praktek kurang bisa mengembangkan kemampuan kita, terutama dalam mengajar. Setelah mengajar dan mengabdikan ilmu di pesantren ini, kita baru akan benar-benar siap untuk mengabdi di masyarakat kelak.

Santri-santriku

Pesantren Mambaus Sholihin saat ini sudah merupakan bentuk final, harapan kami agar hal ini tetap dipertahankan dan tidak dirubah. Perpaduan antara salafi dan khalafi yang memadukan antara sistem pendidikan klasik dengan sistem pendidikan formal merupakan perpaduan terbaik menurut pengamatan saya, ketika santri nanti telah keluar dan mengabdi di masyarakat. Formalitas tetap dibutuhkan, bukan sebagai tujuan utama, namun hendaknya hanya sebagai washilah dalam perjuangan.

Tapi bukan semata dengan formalitas saja kita bisa mengabdikan diri di masyarakat, yang lebih penting dari itu adalah kualitas intelektual, moralitas, dan spiritual kita juga dibutuhkan dan terus ditingkatkan.

Untuk mencapai itulah, maka pendidik hendaklah profesional, bukan asal-asalan dalam mengajar. Pendidik harus mempersiapkan diri sebelum mengajar. Di sekolah bukan lagi menggunakan metode pengajaran a la pengajaran pesantren; hanya duduk, membaca dan mengabsen saja, hal yang kurang inovatif, dan kurang greget-nya. Kalau sudah begini maka para pelajar tidak akan terperhatikan secara maksimal, harus diubah cara pendidikan yang kurang efektif tersebut.

Santri-santri dan Dewan Asatidz sekalian

Sudah saatnya pula mahasiswa INKAFA untuk lebih serius dan maksimal lagi untuk mengabdikan dirinya di pesantren ini, baik dalam lingkungan formal maupun dalam lingkungan non formalnya, mereka harus diberi kesempatan seluas-luasnya, mereka harus diberi kesempatan untuk belajar mengajar.

Barangkali dengan adanya peremajaan dan regenerasi pendidik ini, para pengajar akan semakin semangat belajarnya. Hal ini karena pendidik baru menjadi penyemangat yang baru dan suasana yang baru pula.{jcomments on}

Terms of Use

Content yang ada di Situs

Resmi INKAFA boleh dilihat,

disalin, dicetak dan didistribusikan

untuk tujuan noncomercial.

Privacy

INKAFA adalah pemilik

tunggal semua informasi

yang terkumpul dalam

Situs Resmi ini.

Site Credit

Situs ini merupakan hasil

Kerjasama tim Website INKAFA

Suci Manyar Gresik

 Contact Information

  • Telp : +62 31 3959297
  • Fax :  +62 31 3959297
  • Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
  • www.inkafa.ac.id
Joomla! is Free Software released under the GNU/GPL License.